Guna meningkatkan kualitas layanan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Cenderawasih (Uncen), menyelenggarakan kegiatan pelatihan akreditasi laboratorium. Kegiatan berlangsung selama 2 hari pada Rabu – Kamis, 18–19 September 2024, bertempat di Hotel Horison Kotaraja Jayapura, yang dilanjutkan di Laboratorium Biologi FMIPA Uncen. Kegiatan tersebut melibatkan narasumber dari Badan Standarisasi Nasional (BSN), yakni: Bapak Hardiles, ST., MT. dan Ahmad Faris Abrori, SP.

Dalam kesempatan tersebut, pemaparan materi difokuskan pada klausul penilaian akreditasi laboratorium. Tujuannya adalah laboratorium yang terakreditasi diharapkan dapat memastikan beroperasi sesuai standar yang ditetapkan. Ahmad Faris, mengungkapkan bahwa SNI ISO/IEC 17025: 2017 merupakan standar sebagai dasar dalam pengembangan laboratorium yang berkualitas. Pada standar penilaian tersebut, terdapat 8 klausul dan yang seluruhnya harus terpenuhi. Beliau menekankan perhatian lebih pada klausul 6 yang terkait persyaratan sumber daya, dan klausul 7 persyaratan proses.

Narasumber lain, Hardiles menambahkan bahwa akreditasi laboratorium merupakan pilihan, namun dengan terakreditasinya sebuah laboratorium akan meningkatkan kepercayaan pengguna. Kelayakan peralatan berpengaruh terhadap tingkat akurasi dan presisi setiap pengukuran sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Banyak materi yang telah disampaikan oleh kedua narasumber, termasuk juga persyaratan manajemen (klausul 8), sehingga menjadi perhatian pengelola laboratorium, termasuk laboran, analis dan teknisi. Pada kegiatan hari kedua, narasumber berkesempatan melakukan kunjungan ke setiap laboratorium di lingkungan FMIPA, sehingga dapat mengidentifikasi, evaluasi dan memberikan masukan terhadap kesiapan akreditasi laboratorium di lingkungan FMIPA.

Pelatihan ini berjalan lancar, diikuti oleh 35 peserta mulai dari para ketua laboratorium, teknisi dan laboran di lingkungan FMIPA, serta beberapa perwakilan dari laboratorium Fakultas Kedokteran, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uncen. Kegiatan dibuka dan ditutup oleh Pembantu Dekan I FMIPA, Octolia Togibasa, Ph.D. mewakili Dekan FMIPA, yang pada kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya akreditasi laboratorium agar mampu meningkatkan kepercayaan dan pengakuan masyarakat. Ini merupakan tantangan sebuah universitas dalam mengelola laboratorium, sehingga dapat menunjang aktivitas univiversitas yang telah berstatus Badan Layanan Umum (BLU) di Universitas Cenderawasih(*).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.