Pemberdayaan Berbasis Masyarakat dengan Ruang Lingkup Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) merupakan salah satu tridarma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan, baik oleh mahasiswa/i yang diikut sertakan ataupun jajaran para dosen dan petingginya. Pengabdian masyarakat tidak harus di lingkungan masyarakat, melainkan dapat dilakukan dilingkungan sekolah, organisasi dan lain sebagainya yang memberikan dampak baik kepada suatu kelompok dan salah satunya yang menjadi target pengabdian masyarakat yaitu kepada POLAKSHAR (Kelompok Ikan Asar) MAMA PAPUA yang berada di Kampung Hamadi, Kota Jayapura.

Pengabdian kepada masyarakat berbasis kemitraan ini dilakukan oleh Para Dosen dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Cenderawasih yang memperoleh hibah Pendanaan Proposal Pengabdian Tahun 2024 melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) dengan judul pengabdiannya “Penerapan Blue Economy Dalam Pengembangan Pendapatan Pelaku Usaha Perikanan di Kampung Hamadi Kota Jayapura”. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat untuk mengajarkan dan melatih POLAKSAR Mama Papua untuk menciptakan bagaimana iptek yang diajarkan untuk olahan produk hasil perikanan, meningkatkan usaha dengan adanya NIB (Nomor Izin Berusaha), manajemen pemasaran dengan penggunaan sosial media dan manajemen pembukuan secara sederhana. Dalam program pengabdian ini beranggotakan lima orang yang terdiri dari 3 orang Dosen dan dua orang Mahasiswa yaitu : Ketua Pelaksana Tim Dr. Basa T. Rumahorbo,M.Si (Dosen Ilmu Kelautan), Anggota tim Lolita Tuhumena, S.Pi.,M.Si (Dosen Ilmu Perikanan), Anggota Daniel Zadrak Kurniawan,B.Sc.,M.Sc.,Ph.D (Dosen Biologi) serta Mahasiswa yaitu Gabriela O.Karisoh (Ilmu Perikanan) dan Yudistira Salea Battu (Sistem Informasi). Namun, dalam pengabdian ini dibantu oleh 2 Dosen yang lainnya di FMIPA yaitu Sara Umbekna,S.Pi.,M.Sc (Ilmu Perikanan) dan Nicea R.Paranoan,M.Si (Statistik).

     

Pelaksanaan Pengabdian ini dilaksanakan dari bulan Juli –September 2024, di mana pada tanggal 13 Juli 2024 tim pengabdi melakukan pengamatan secara langsung di lokasi Pengabdian (Kampung Hamadi) dengan menyampaikan kegiatan yang akan dilaksananakan. Kegiatan berikut dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 dari tanggal 10-17 Agustus 2024 dengan memberikan pelatihan kepada POLAKSHAR Mama Papua dalam pembuatan ragam olahan produk perikanan (Abon, Bakso, Suir-Suir dan Sambal) yang menggunakan Ikan Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacares). Pelatihan yang diikuti oleh 10 peserta bahkan lebih ini berjalan dengan baik sampai dengan proses pembuatan kemasan (packaging). Setelah ragam olahan produk perikanan (Abon, Bakso, Suir-Suir dan Sambal) telah masak, maka didinginkan beberapa menit baru dimasukan ke dalam kemasan yang tersedia. Kemasan yang telah dibuat di tempel dengan stiker yang telah ditempelkan stiker Tuna Papua Dapur Kitorang dengan ditulis contact person di depan kantung tersebut.

         

Pelaksanaan pengabdian selanjutnya dilaksanakan pada tanggal 1 dan 8 September 2024 dengan pemberian materi oleh Tim Pelaksana Dr.Basa T.Rumahorbo,M.Si (Ketua Tim/Dosen), Daniel Z.K.Wambrauw, B.Sc,M.Sc.,Ph.D dan Lolita Tuhumena, S.Pi.,M.Si dari FMIPA, UNCEN kepada POLAKSHAR Mama Papua. Materi yang disampaikan tentang pentinggnya membuat NIB (Nomor Izin Berusaha) karena merupakan nomor identitas yang digunakan sebagai izin bagi pelaku usaha. Sebelum menjalankan bisnisnya, para pelaku usaha atau pemilik UMKM sebaiknya mengurus NIB yang diterbitkan oleh lembaga Online Single Submission (OSS) terlebih dahulu serta memasarkan produk olahan perikanan dengan menggunakan media sosial seperti facebook, instagram ,twitter dan Tik-Tok . Hal ini merupakan strategi promosi pemasaran yang dapat dilakukan, sehingga ragam olahan  produk perikanan (Abon, Bakso, Suir-Suir dan Sambal) yang menggunakan Ikan Tuna Sirip Kuning (Thunnus albacares) POLAKSHAR Mama Papua Hamadi terkenal baik dalam lokal Jayapura maupun di luar Kota Jayapura. Selanjutnya, setelah penyampaian materi, yaitu sesi tanya jawab di mana, ada beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh beberapa orang POLAKSHAR Mama Papua dan langsung dijawab secara langsung oleh Pemateri dan dibantu oleh beberapa Dosen FMIPA Universitas Cenderwasih.

   

Acara selanjutnya, yaitu penutup serta mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta yang sudah hadir dari awal acara sampai akhir acara yang konsisten dengan 17 peserta yaitu l10 anggota POLAKSHAR Mama Papua serta lima Dosen FMIPA dan dua Mahasiswa FMIPA kemudian ditutup dengan foto bersama serta berdoa sekaligus menandakan berakhirnya acara pada Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kampung Hamadi kali ini. Program PKM ini akan dievaluasi secara formatif dan sumatif serta ditindaklanjuti oleh pelaksana dengan mengunjungi mitra setelah selesai program pengabdian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.