Program Kreatif Mahasiswa

Sesusai dengan perkembangannya, Kualitas dan kuantitas mahasiswa FMIPA UNCEN semakin meningkat. Sebaran asal mahasiswa sangat bervariasi, bukan hanya berasal dari Papua saja, tetapi mahasiswa FMIPA berasal dari semua wilayah Indonesia, dan berbagai suku yang ada di Wilayah Indonesia, hingga dapat disebutkan sebagai miniaturnya Indonesia.
Prestasi bidang kegiatan kemahasiswaan di FMIPA semakin meningkat, tidak hanya pada tingkat local dan regional tapi juga pada tingkat nasional. Hal ini ditandai dengan keikutsertaannya mahasiswa FMIPA UNCEN dalam berbagai kegiatan kompetitif nasional yang diselenggarakan oleh BELMAWA, antara lain PKM (program kreatifitas mahasiswa), Olimpiade Sains, KBMI (kompetisi bisnis mahasiswa Indonesia), Olimpiade Nasional MIPA, dan Hibah PHBD (Program Hibah Bina Desa) yang pada tahun ini (2019) diikuti oleh organisasi mahasiswa yang ada di lingkungan FMIPA. Prestasi lainnya dari mahasiswa FMIPA adalah sebagai pemenang hibah penelitian Indofood dua tahun berturut-turut yaitu tahun 2017 dan 2018.

Khusus untuk program PKM lolos dalam kancah Nasional, berturut-turut dalam 3 tahun terakhir seluruh pemenang PKM dari UNCEN dikontribusikan oleh FMIPA dan jumlahnya terus meningkat setiap tahun . Hal ini menunjukkan bahwa pembinaan dan pengembangan minat, bakat dan penalaran bagi mahasiswa di lingkungan Fakultas MIPA telah berjalan sesuai dengan visi misi fakultas.