Laboratorium

Sebagai fasilitas pendukung dalam proses pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (Tri Dharma ) , maka Laboratorium juga harus dikembangkan. Ketersediaandan keberadaan laboratorium merupakan hal yang sangat mendasar, bukan hanya laboratorium dasar, tetapi juga diperlukan adanya laboratorium penelitian yang memadai, sebagai laboratorium layanan bagi kebutuhan masyarakat, baik masyarakat khusus (ilmiah) maupun mayarakat umum, dari luar instansi.

Dari pemangku kepentingan internal ini, tentu tidak terlepas dari kebijakan-kebijakan sebagai pimpinan. Pimpinan selalu mendukung untuk pengembangan program studi, pengembangan karier Dosen, dan pengembangan sarana dan prasaran yang menunjang untuk tercapainya visi, misi, dan tujuan , serta sasaran Institusi.

Telah dikembangkan laboratorium di masing-masing proragram studi sesuai dengan bidang keahlian dan kebutuhan masing-masing program studi. Berdasarkan SK Rektor No. 040/UN20/KP/2018, di FMIPA terdapat 16 Laboratorium saat ini yaitu Lab Biologi dasar, Lab Kultur Jaringan, Lab Entomologi, Lab Mikrobiologi, Lab Ekologi dan Biosistematik, Lab Mikologi, Lab Farmakologi, Lab Fisika Dasar, Lab Teknik Geofisika, Lab Fisika lanjut, Lab Kimia, Lab Kimia Riset Hayati, Lab Kimia Riset Non Hayati, Lab Teknologi Informasi Lab Komputasi dan Lab Studi Ilmu Kelautan dan Perikanan. Selanjutnya dalam tahap pengembangan Laboratorium untuk menunjang pelaksanaan kurikulum KKNI, FMIPA juga telah mengusulkan penambahan 10 laboratorium pada OTK (organisasi dan tata kelola) baru
yang telah ditetapkan disenat universitas dan dalam pengusulan ke Kemenristekdikti yaitu labortorium Zoologi, lab botani, lab genetika dan biomolekuler, lab biologi perairan, lab ilmu perikanan, lab komputasi statistic, lab farmasi dan bahan alam, lab kimia farmasi dan lab
teknologi farmasi sehingga diharapkan natinya ada 25 laboratorium di FMIPA.

Dalam beberapa tahun terakhir FMIPA juga tampil sebagai fakultas pioneer pengembangan program Ipteks bagi inovasi dan kreativitas kampus atau PPUPIK (sekarang). Dua unit pelaksana Program Pengembangan Unit Inovasi dan Kreatifitas Kampus di Universitas Cenderawasih kedua-duanya berada di FMIPA yaitu unit PPUPIK Jamur Tiram (Jurusan Biologi) dan PPUPIK Besin Plastik (Jurusan Kimia).

PPUPIK Jamur Tiram
PPUPIK Bensin Plastik
Laboratorium Entomologi