8 Proposal PKM Mahasiswa Uncen Di Danai.

Rabu 05 Agustus 2020, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara resmi mengumumkan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2020. Melansir dari laman Ditjen Dikti, penilaian proposal PKM pada lima bidang tersebut telah dilaksanakan serta disampaikan judul-judul proposal yang didanai.

Dari 3789 jumlah proposal yang didanai oleh Kemendikbud itu, terdapat diantaranya 8 proposal milik mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen) dengan rician Tujuh PKM-K (Kewirausahaan) dan satu PKM-PE (Penelitian Eksakta). Delapan proposal yang didanai ini merupakan proposal dari mahasiswa FMIPA Uncen.

Dikarenakan pandemi COVID-19, PKM tahun ini termasuk seluruh kegiatan dan luaran program dilakukan secara daring dan diunggah ke dalam sistem yang sudah disediakan oleh Simbelmawa.  Tahapan program kerja PKM terdiri dari seleksi proposal, pelaksanaan Kegiatan PKM. Selanjutnya, penilaian kemajuan pelaksanaan PKM (PKP2), diikuti dengan laporan akhir serta puncak PKM adalah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang mana semua proses dan tahapan pelaksanaan ini dikerjakan secara daring.

“Mahasiswa yang judulnya meraih pendanaan dimohon untuk menyesuaikan kegiatan yang akan dilaksanakan dengan Addendum Pedoman PKM 5 (lima) Bidang yang dapat diunduh di https://simbelmawa.kemdikbud.go.id, “ jelas Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti, Aris Junaidi  dalam surat pegumuman pendanaan PKM 5 Bidang tahun 2020.

Kegiatan PKM jelasnya, diselenggarakan dalam rangka memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

Adapun berikut ini daftar peraih pendanaan PKM dari Uncen tahun 2020:

1. Body Lotion dari Ekstrak Kulit Buah Matoa ( Pometia pinnata ) Kaya Antioksidan Asli Papua
2. Lilin Aromatik Evodia suaveolens Pengusir Nyamuk Khas Papua
3. Peptisida Nabati Daun Gamal ( Gliricidia sepium L ) Papua Sebagai Penghalau Hama Tanaman
4. Masker Clay Ubi Jalar Ungu Solusi Meremajakan Kulit
5. abun Antibakteri dari Ekstrak Daun Bandotan Dikombinasikan dengan Ekstrak Daun Afrika
6. Sabun Kulit Buah Matoa ( Pometia pinnata ) Penetral Radikal Bebas Asli Papua
7. Sprays Daun Zodia Asli Papua Penghalau Nyamuk
8. Pengaruh Penambahan Minyak Goreng Kemasan Terhadap Konstanta Dielektrik Pada Minyak Buah Merah ( Pandanus Conoideus L. )
(R.Erlies)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.