KERJASAMA ANTARA FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS CENDERAWASIH DENGAN MASYARAKAT KAMPUNG MURIS BESAR DISTRIK DEMTA KABUPATEN JAYAPURA

Dalam upaya memanfaatkan dan melestarikan sumber daya alam, Pengembangan dan Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan serta membantu Pemerintah dalam meningkatkan Pembangunan Daerah. Maka FMIPA mengambil insiatif dan memprakarsai pelaksanaan berbagai kegiatan, sebagai berikut: (1) Pembinaan dan pengelolaan kawasan konservasi tradisional pesisir Kampung Muris Besar, yang melibatkan tokoh pemerintah, tokoh adat, pemuda, dan masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 22 Juli 2020 (2) Inisiasi dan penandatangan Perjanjian Kerjasama FMIPA dan Masyarakat Kampung Muris Besar, tentang Kawasan Konservasi Tradisional dan Pendidikan yang diselenggarakan pada Jumat, 24 Juli 2020. (3) Penempatan mahasiswa PKL sebanyak 15 mahasiswa di Kampung Muris Besar sejak tanggal, 9 Juli-31 Agustus 2020.

Dekan FMIPA Dr. Dirk Y. P Runtuboi, M.Kes mengatakan FMIPA sebagai Lembaga pendidikan tinggi yang unggul di bidang sciences dan teknologi serta penerapannya dalam penerapan tridarma perguruan tinggi di Provinsi Papua. Sekarang semakin menunjukan keberpihakan kepada masyarakat local dengan mengambil insiatif dan tindakan nyata melalui program-program yang langsung bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat, terbukti dengan telah dilaksanakannya berbagai program dan kegiatan di Kampung Muris Besar Distrik Demta. Sehingga Dr. Dirk Y. P Runtuboi, menegaskan melalui penandatangan perjanjian kerjasama ini, kedua pihak masyarakat Kampung Muris Besar dan FMIPA sama-sama memperoleh manfaat, sesuai dengan tujuan kerjasama (1) untuk Pengelolaan Kawasan Konservasi Tradisional Kampung Muris Besar, (2) Untuk Pengembangan Pendidikan di Kampung Muris Besar. Juga ruang lingkup kegiatan adalah (1) Pengelolaan Kawasan Konservasi Tradisional Kampung Muris Besar, (2) Pengelolaan dan Pengelolaan Sumber Daya Hayati Kampung Muris Besar, (3) Pengembangan Pendidikan di Kampung Muris Besar, dan (4) Pengembangan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kemahasiswaan.

Dekan FMIPA mengharapkan masyarakat Kampung Muris Besar dapat memanfaatkan kerjasama ini sebaik-baiknya untuk perlindungan sumber daya alam dan kemajuan pendidikan tinggi, beliau juga menambahkan bahwa SDM Fakultas MIPA tersedia dan sangat mumpuni untuk membantu berbagai program dan kegiatan di Kampung Muris Besar.

Disaat yang sama, Absalom Yakore selaku Kepala Kampung Muris Besar, mengatakan sebagai pemerintah dan masyarakat sangat berterimakasih dan menyambut baik program dan kegiatan yang diprakarsai oleh FMIPA Universitas Cenderawasih. Bagi masyarakat, program dan  kegiatan ini merupakan anugerah sebab tidak semua kampung di Kabupaten Jayapura yang telah memiliki kerjasama dengan Universitas Cenderawasih. Beliau berjanji dan berupaya menggunakan peluang ini untuk melakukan yang terbaik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Kampung Muris Besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.