PEMBEKALAN PKL 2020 FMIPA UNCEN

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Cenderawasih menyelenggarakan pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) tahun 2020. Pembekalan dilakukan oleh masing-masing program studi di lingkungan FMIPA yang diawali oleh program studi Statistika dan Biologi pada hari Jumat, 3 Juli 2020. Program studi Matematika, Sistem Informasi, Kelautan, Perikanan dan Farmasi melakukan pembekalan PKL pada hari Senin, 6 Juli 2020. Sedangkan pembekalan PKL diselenggarakan oleh program studi Kimia pada hari Rabu, 8 Juli 2020. Untuk program studi Fisika dan Teknik Geofisika pembekalan akan dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan.

Pembekalan PKL 2020 FMIPA Uncen dilakukan terpisah untuk setiap program studi agar dapat melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan himbauan pemerintah tentang penanganan Covid-19. Khusus program studi Farmasi, pembekalan dilakukan dengan sistem daring, dikarenakan jumlah mahasiswa yang mengikuti PKL lebih dari 30 peserta.

Di masing-masing prodi, dekan maupun pembantu dekan dalam sambutannya selalu menyampaikan tujuan PKL, yaitu pertama mahasiswa dapat memperoleh pengalaman profesional untuk bekerja secara nyata dalam skala besar. Tujuan lainnya, agar mahasiswa dapat membuka peluang kerja mandiri dan bekerjasama dengan industri atau dunia usaha. Selain itu, mahasiswa juga bisa memperoleh judul skripsi dan sekaligus dapat melakukan riset di tempat pelaksanaan PKL. Tidak lupa pula disampaikan bahwa bekerja secara profesional tidak hanya berkaitan dengan keahlian dalam bidangnya namun memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugas adalah hal-hal yang penting untuk diperhatikan.

Saat pelaksanaan pembekalan di semua program studi, protokol kesehatan wajib diperhatikan dan dilakukan. Diantaranya, penggunaan masker, mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh, dan menjaga jarak di dalam maupun luar ruangan. (R.Erlies)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.